Selamatkan Bumi Kita!

Bumi, apa yang ada di benak teman-teman sekalian jikalau mendengar kata bumi? Tempat tinggal? Rumah? Ya.. mungkin sebagian dari kita lebih mengenal bumi sebagai tempat tinggal kita saat ini. Namun pernahkan teman-teman berfikir kembali ketika mendengar kata bumi? Apakah terfikir oleh teman-teman bahwa tempat tinggal kita ini tengah dihadapkan pada masalah yang serius? Bumi kita sedang membutuhkan bantuan kita untuk bertahan sobat!

Bumi kita sedang kehilangan salah satu perisai terbaiknya secara perlahan-lahan, yakni ozon.. ya.. ozon ialah pelindung bumi dari radiasi matahari yang menerpa planet kita ini. Ozon lah yang membantu bumi dalam keadaan suhu panas yang stabil sehingga berbagai makhluk hidup dapat merasakan nikmatnya berjemur di bawah sinar matahari tanpa takut terkena radiasi langsungnya..

Ozon menipis dari tahun ke tahun sob.. apakah kita hanya diam saja?

Akibat kehilangan ozon ialah berkurangnya kemampuan bumi untuk memfiltrasi radiasi matahari yang besar sehingga terjadilah kenaikan suhu besar-besaran di planet kita ini.

Bumi kita telah terkeruk isi perutnya secara masiv.. batubara, minyak bumi dan segala sumber energi dari dalam perut bumi kita habiskan dengan rakus. Padahal sumber energy tersebut sangat sulit kembali untuk terbentuk.  Semua dibakar diubah menjadi energy siap pakai tanpa memperdulikan aspek kesehatan lingkungan.. CO dan CO2 merajalela menghiasi langit-langit perkotaan, pedesaan, bahkan pedalaman pun tak luput dari kedua gas beracun penyebab runtuhnya ozon kita ini. Kebakaran hutan, pemakaian AC dengan Freon, semuanya menghancurkan bumi kita secara perlahan kawan..

Kegagalan industri berdampak besar pada bumi (Lapindo Error)

Lantas, apa yang harus kita lakukan sebagai kawula muda yang tengah bersenang-senang tanpa memikirkan hal ini? Kita harus merubah pandangan hidup kita.. mari kita selamatkan bumi kita dengan beberapa step-step yang kecil ini. Jangan anggap remeh.. Jika kita semua melakukannya, tentu hal ini tidak akan terlihat kecil lagi..

Berikut tips-tips yang berguna demi menjaga kelangsungan hidup bumi kita tercinta

1. Hentikan memakai waribashi.. Apaan tuh waribashi? Waribashi adalah sumpit sekali pakai.. yang kayak di delivery ordernya salah satu fastfood ala jepang di Indonesia itu looh.. nama fastfoodnya itu (piiiiiiiiiiiiiip) #sensor. Itu sumpit terbuat dari kayu dan hanya sekali pakai.. bayangkan.. jika banyak orang memakai waribashi setiap harinya? Berapa buah pohon yang harus ditebang setiap hari untuk menciptakan alat pencomot makanan itu?

Stooop eating hok.. eh stop using WARIBASHIIIIIII X(

 

2. Tanam lebih banyak pohon! Mau itu pohon jambu kek pohon manga kek pohon pisang kek yang penting tanam lebih banyak pohon sebagai peresap  gas-gas beracun layaknya CO dan CO2 sehingga intensitas kedua jenis gas beracun itu dapat berkurang terus-menerus.

 

3. Nah, yang ini nih.. pernah lihat iklan minuman kemasan yang nyuruh kita remukin botol terus buang? Daripada kerjaan kita tiap hari ngeremukin botol mending kita beli botol yang memang kita bisa pakai berulang-ulang. Daripada capek ngerusakin botol yang agak susah buat di daur ulang lagi (karena step-step daur ulangnya juga perlu energi yang gak sedikit) mending kita bawa botol nan keren yang bisa dipakai terus-menerus. Gak usah ngeluarin duit lagi buat beli. Tinggal isi ulang aja dirumah.

Pake ini gan.. dijamin mantep dan gak bakal ente remukin.. wehehehehe

 

4. Kalo kita beli pulsa (lah kok jadi nyambung ke pulsa?) liat dulu.. kalo kita beli pulsa belinya yang elektrik aja sobat. Soalnya kalo beli yang fisik alias voucher bayangin berapa kertas yang kebuang coba buat ngepulsain hape-hape ente pade? Pohon berape lagi yang koid? Kasian woy ama pohon.. wehehehe.

 

5. Berhentilah mengkonsumsi produk-produk impor. Kenapa? Karena buat bikin semua produk itu sampe kesini udah makan berbagai banyak polutan yang dikeluarin oleh alat transportasi yang ngebawa produk-produk itu. Mending coba kita mulai cintai produk dalam negeri. Gak perlu impor-impor segala yang ngabisin berbarel-barel minyak solar buat ngejalanin kapal kan?

 

Itulah sedikit tips terkait cara kita untuk menjaga lingkungan dan bumi kita, hingga akhirnya bumi kita dapat tersenyum dan sehat kembali.

Hal-hal diatas tidaklah sepele jika kita semua mau bertindak. Sedikitnya dengan cara-cara diatas.. 

just do it more and more action for our planet, cause we only have one earth to live on..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s