Sedekah membawa Nikmat

Sedekah.. Kata yang mungkin bagi saya merupakan sebuah pengalaman terbaik dari hidup saya. Ya.. terkait dengan kehidupan saya hingga sampai detik ini menjadi mahasiswa di perguruan tinggi di Jakarta, kata sedekah telah mengajarkan berbagai macam hal yang saya belum pernah kira sebelumnya.

Dulu semasa saya SMA pernah ada suatu kejadian menarik. Kejadian itu terjadi saat saya menghadiri Shalat Jum’at pada masa saya masih di SMA. Ketika Khutbah Jum’at tengah membahana dan seketika itu juga kotak amal Jum’at menghampiri diri saya agar dapat bersedekah di jalan-Nya. Saya pun teringat perkataan guru bahasa perancis saya yang bilang

” kalau mau sedekah jangan dilihat dulu isi kantung atau dompetnya.. masukkan saja tanganmu ke kantung atau dompet, rogoh uang yang ada dan jangan dilihat serta langsung masukkan ke kotak amal “

Seketika itu pula saya mengiyakan pernyataan itu.. Saya ambil uang tanpa saya lihat kemudian saya masukkan ke kotak amal. Setelahnya Kotak Amal Jum’at iitu pun pergi meninggalkan saya menuju shaf lainnya.

Seselesainya shalat, saya cek uang yang ada di kantung saya.. Benar saja.. uang dengan nominal terbesar sudah raib! Alamak? Alhamdulillah? hehehe.. saya tidak bisa menggambarkan kondisi saya waktu itu. Yang jelas sisa uang saya saat itu bisa saya gunakan untuk pulang. Setidaknya masih bisa pulang ke rumah.🙂 Dan dengan sedikit rasa berat hati (pada awalnya) namun akhirnya saya bisa mengikhlaskan si  uang bernominal besar itu.

Setelah kejadian itu, hal yang unik pun terjadi. Saya tidak pernah menyangka dapat diundang untuk menghadiri kegiatan pelatihan karya ilmiah yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Menengah pada saat itu. karena saya hanyalah siswa biasa.. Gak ikut ekskul KIR (Karya Ilmiah Remaja) loh padahal.. kenapa bisa terpilih? Wallahu’alam Bisshawab

dan yang lebih wahnya lagi setelah pelatihan tersebut saya dan teman-teman mendapatkan uang dari Dinas Pendidikan Menengah terkait keikutsertaan kami dalam acara tersebut (maksudnya sebagai uang transport) dan alhamdulillah uang transport yang diberikan tersebut tidak kami pakai dikarenakan kami sudah disediakan transport individual dari SMA tempat kami bernaung.

Indahnya Sedekah..🙂 Itulah yang dapat saya bagi malam ini.🙂 Ketika teman-teman sedang dilanda kegembiraan ataupun kesusahan, hiasilah diri teman-teman dengan sedekah. InsyaALLAH Dia Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang akan menolong kita dari arah yang tak disangka-sangka🙂

Wallahu’alam Bisshawab🙂

Leave a Reply

