Euro Cup 2012 ( mau tau sejarahnya? sok mampir! )

Tiap malem pasti para jejaka-jejaka terutama mahasiswa seperti saya tidak ketinggalan untuk nyetel TV dan nonton salah satu acara paling hot di tahun ini, tiada lain dan tiada bukan ialah UEFA Euro Cup 2012..😀 itulah pesta sepakbola terbesar sejagad eropa yang memepertemukan tim-tim ganas eropa yang saling berduel maut dan juga berbaku hantam demi mendapat gelar the king of europe. Tapi bentar dulu gan.. kita mau bahas dulu nih.. sebenernya temen-temen semua pas nonton tiap malem itu udah tau belom sih sejarahnya Euro Cup dari awal mula terbentuk sampai saat ini? Mau tahu? Cekidot bacaan dibawah ini..

Kejuaraan Sepakbola Eropa UEFA adalah kompetisi sepakbola utama dari tim sepakbola laki-laki nasional yang diatur oleh UEFA (The Union of European Football Associations). Yang diadakan pada tahun 1960 untuk tim pertama dan telah diselenggarakan setiap empat tahun setelah itu, pada tahun genap antara turnamen Piala Dunia. Pada awalnya di sebut Piala Eropa UEFA, tapi hal tersebut berubah menjadi Kejuaraan Sepakbola Eropa UEFA pada tahun 1968. Dimulai dengan turnamen tahun 1996, kejuaraan tertentu sering disebut “Euro” ditambah dengan tahun diadakannya sehingga menjadi “Euro 2008”. Sebelum memasuk turnamen semua tim selain Negara tuan rumah (yang otomatis lolos) bersaing dalam proses kualifikasi. Para pemenang kejuaraan mendapatkan kesempatan untuk bersaing di piala Konfederasi FIFA, tetapi tidak diwajibkan untuk melakukannya.

SEJARAH

Turnamen sepakbola Eropa diusulkan untuk pertama kalinya oleh Henryh Delaunay (anggota Federasi Sepakbola Perancis) pada tahun 1927, namun diadakan untuk pertama kalinya pada tahun 1958 di Perancis dengan 4 tim yang bersaing di final, dari 17 tim yang masuk persaingan. Uni Soviet menjadi pemenang di kejuaraan sepakbola Eropa pertama setelah mengalahkan Yugoslavia 2-1 di final yang menegangkan di Paris. Spanyol menarik diri dari pertandingan perempat final melawan Uni Soviet karena protes politik. Dari 17 tim yang memasuki turnamen kualifikasi, yang tidak hadir adalah Inggris, Jerman Barat dan Italia.

Kejuaraan Sepakbola Eropa kedua, diadakan pada tahun 1964 di Spanyol, yang melihat peningkatan dalam turnamen kualifikasi, dengan 29 masuk, Yunani mengundurkan diri setelah ditahan imbang melawan Albania, dan mereka masih berperang. Tuan rumah mengalahkan pemegang gelar, Uni Soviet, 2-1 di stadion Santiago Bernabeu di Madrid.

Dengan format turnamen yang sama, Italia menjadi tuan rumah dan memenangkan turnamen ketiga yang diselenggarakan pada tahun 1968. Itu adalah kali pertama dan hanya waktu pertandingan diputuskan lewat lemparan koin (semi-final melawan Uni Soviet) dan pengulangan final setelah pertandingan berakhir 1-1 melawan Yugoslavia. Italia menang 2-0 dalam pertandingan ulang. Banyak tim yang masuk ke turnamen ini (31), adalah bukti popularitasnya mulai berkembang.

Belgia menjadi tuan rumah turnamen 1972, yang dimenangkan oleh Jerman Barat setelah mengalahkan Uni Soviet 3-0 dalam final di Brussels. Turnamen 1976 di Yugoslavia yang terakhir dimana hanya empat tim yang ambil bagian dalam turnamen akhir, dan yang terakhir dimana tuan rumah harus memenuhi syarat. Cekoslovakia mengalahkan Jerman Barat dalam adu penalty yang baru diperkenalkan, yang terkenal dengan tendangan dari Antonin Panenka.

Lomba ini diperluas sampai dengan delapan tim di turnamen tahun 1980 yang di selenggarakan oleh Italia. Ini melibatkan penyisihan grup, dengan pemenang dari kelompok untuk kontes final dan runner-up bermain untuk memperebutkan tempat ketiga. Jerman Barat memenangi gelar Eropa kedua mereka dengan mengalahkan Belgia 2-1 di Stadion Olimpico di Roma.

Prancis memenangkan gelar besar pertama mereka di kandang dalam turnamen tahun 1984, dengan kapten mereka Michel Platini mencetak 9 gol hanya dalam 5 pertandingan, termasuk gol pembuka di final, dimana mereka mengalahkan Spanyol 2-0. Format juga berubah, dengan dua tim teratas dalam setiap grup akan lolos ke tahap semifinal, bukan pemenang masing-masing kelompok akan langsung ke final. Tempat ketiga dalam play-off juga di hapuskan.

Jerman Barat menjadi tuan rumah UEFA Euro 1988 dan Belanda mengalahkan tuan rumah dan merupakan rival tradisional, skor 2-1 di semifinal, yang memicu perayaan yang kuat di Belanda. Belanda pergi untuk memenangkan turnamen, mengalahkan Uni Soviet 2-0 di Stadion Olympia di Munich, pertandingan dimana Marco van Basten mencetak salah satu gol paling mengesankan dalam sejarah sepakbola, tendangan voli yang spektakuler melewati kipper dari sayap kanan.

UEFA Euro 1992 diadakan di Swedia dan dimenangkan oleh Denmarl, yang hanya difinal karena UEFA tidak mengizinkan Yugoslavia untuk berpartisipasi sebagai beberapa Negara bagian karena merupakan Republik Sosialis Federal Yugoslavia yang berada pada keadaan perang satu sama lain. Denmark mengalahkan sang juara Belanda melalui adu penalty di semi final, kemudian mengalahkan juara dunia Jerman 2-0. Ini adalah turnamen besar pertama dimana Jerman bersatu dan juga turnamen besar pertaman yang memiliki nama pemain yang tercetak di punggung mereka.

Inggris menjadi tuan rumah UEFA Euro 1996, turnamen pertama yang menggunakan nomenklatur “Euro[tahun]” dan akan melihat jumlah tim yang mengambil bagian ganda sampai 16. Tuan rumah, dalam pengulangan Piala Dunia FIFA 1990 semifinal, tersingkir melalui adu penalty oleh Jerman, yang akan menang di final melawan Ceko 2-1 berkat gol emas pertama yang di cetak oleh Oliver Bierhoff. Ini merupakan gelar pertama Jerman sebagai negara kesatuan.

UEFA Euro 2000 adalah turnamen pertama yang akan di selenggarakan oleh dua negara, Belanda dan Belgia. Perancis, sang juara dunia, difavoritkan untuk menang, dan mereka pun memenangi pertandingan setelah mengalahkan Italia 2-1 setelah perpanjangan waktu, setelah tertinggal 1-0, Sylvain Wiltord menyamakan kedudukan pada menit terakhir dari pertandingan, dan David Trezeguet mencetak gol kemenangan di waktu tambahan.

UEFA Euro 2004, seperti tahun 1992, menghasilkan Yunani, yang hanya memenuhi syarat untuk satu Piala Dunia (1994) dan satu kejuaraan Eropa (1980) sebelumnya, mengalahkan tuan rumah Portugal 1-0 di final (setelah juga mengalahkan mereka di pertandingan pembukaan) untuk memenangkan turnamen yang telah di beri kemungkinan 150-1 untuk menang sebelum pertandingan di mulai. Dalam perjalanan mereka ke final, mereka juga mengalahkan sang juara Perancis serta Ceko lewat gol perak, aturan yang menggantikan gol emas sebelumnya pada tahun 2003, sebelum dihapuskan sendiri tak lama setelah turnamen ini.

Turnamen 2008, yang diselenggarakan oleh Austria dan Swiss menandai kedua kalinya bahwa dua negara  tuan rumah, dan edisi pertama dimana trofi baru sudah diberi penghargaan. Ini dimulai pada tanggal 7 Juni dan selesai pada 29 Juni. Final antara Jerman dan Spanyol di gelar di Ernst Happel stadion di Wina. Spanyol mengalahkan Jerman 1-0, memicu banyak perayaan di seluruh negeri. Ini adalah gelar pertama mereka sejak turnamen tahun 1964.

Itulah sejarah sejak awal mula diadakannya Euro Cup sampai akhirnya menginjak di masa saat ini yakni Euro Cup 2012 yang berlangsung di Polandia dan Ukraina.. KIranya bisa menambah wawasan teman-teman ya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s