Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi (hasil diskusi kelompok 5)

Yak.. dalam postingan saya kali ini saya akan membahas tentang “Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi” wah.. dari judulnya aja udah berat banget ini bahasannya..ūüôā yang penting kita tetep enjoy ya teman-teman membahas bahasan kita kali ini.. Here we go!
sebelum kita bahas tentang analisanya lebih baik kita tahu terlebih dahulu apa itu pendapatan nasional dan juga perekonomian tertutup sederhana.
Ok.. Pendapatan Nasional menurut pengertian yang saya kutip dari diskusi kelompok 5 adalah keseluruhan jumlah barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu Negara dalam jangka waktu tertentu, biasanya dalam setahun. jadi bisa diibaratkan sebagai pembukuan atas segala pemasukan yang diterima oleh suatu negara yang biasanya dibuat dengan rentangan waktu setahun sekali.
Perekonomian tertutup sederhana adalah perekonomian yang mempunyai bentuk yakni ketiadaan  hubungan dengan Negara lain dan juga ketiadaan campur tangan pemerintah, baik berupa pungutan pajak, pembayaran transfer pemerintah ataupun yang berbentuk pengeluaran konsumsi.
 Lalu, apa kaitannya dari kedua hal tersebut diatas?
Bentukan pendapatan yang diterima negara akan sangat berdampak langsung terhadap model perekonomian negara itu sendiri khususnya menyangkut masalah perekonomian tertutup sederhananya. hal ini berdampak langsung dengan keadaan perekonomian negara yang bisa semakin naik dan sejahtera ataupun sebaliknya berdampak buruk tergantung dari pendapatan negara itu sendiri dengan pengeluaran negara yang dianggarkan.
Ketika pendapatan nasional meningkat, kita mengenal apa yang diisebut dengan pertumbuhan ekonomi. Dimana terjadinya peningkatan kegiatan perekonomian dan juga kenaikan tingkat kesejahteraan rakyat dari negara itu sendiri.
Demikian apa yang bisa saya jabarkan mengenai hasil pengamatan saya terhadap diskusi dari kelompok 5 mengenai¬†“Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi” yang diadakan di mata kuliah TOU 2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s