Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

Sebetulnya postingan kali ini membahas tentang hasil diskusi kelompok saat mata kuliah teori organisasi umum terkait penentuan harga permintaan dan penawaran. Namun, disini  saya akan menjabarkan sesuai dengan apa yang telah saya tangkap dan saya simpulkan. jadi selamat membaca..🙂

Ada uang, ada barang.. ada harga, ada pula penawaran.. Mungkin kalimat inilah yang acapkali terdengar apabila teman-teman sedang berbelanja ke pasar tradisional, dimana penerapan akan permintaan dan penawaran terjadi dengan sangat jelas. Lalu, apa yang dimaksud dengan permintaan dan juga penawaran? apa saja hubungan diantara keduanya? Hal ini akan dibahas pada postingan saya kali ini..

Pengertian dari Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu, sedangkan Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan  pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.

Ketika konsumen membutuhkan suatu barang, produsen akan berusaha untuk menyediakan berbagai barang dan jasa guna menjadikan barang dan jasanya dapat dibeli atau dipakai oleh semua konsumen. tentunya dijual atau ditawarkan dengan tingkat harga tertentu. Penentuan harga oleh produsen ini tidak ditanggapi secara pasif oleh konsumen melainkan konsumen akan berusaha menawar harga yang telah ditetapkan. Disinilah terjadi bentukan permintaan dan juga penawaran terhadap seuatu barang dan jasa.

Sekedar ilustrasi (yang ini gak ada di diskusi kelompok, hanya gambaran aja)

Konsumen : Bang, 5000 boleh ga bang ini? (sambil menunjuk sayur2an yang akan dibeli)

Pedagang   : ga bisa neng, udah pas 9000 ini mah..

Konsumen : aduh bang, yaude deh.. 7000 aje ye.. gimane?

Pedagang    : yaudah atuh neng, cuma buat neng ini mah 7000 abang kasih..

Cuplikan percakapan itulah yang menggambarkan betapa jelasnya bentukan permintaan dan penawaran terjadi. Kesepakatan harga yang telah diperoleh diantara kedua belah pihak yakni Rp. 7000,- menjadikan kondisi tersebut dikenal sebagai harga keseimbangan pasar, yakni ketentuan dimana antara kedua belah pihak sudah saling setuju untuk bertransaksi.

Begitulah sekelumit kisah bagaimana permintaan dan penawaran dapat terjadi dan saling berhubungan.

Demikian resume saya kali ini, tetep terus stay inline with this awesome blog ya teman-teman😀

 And trust me! you’ll get more and more knowledge by read my blog!

So, Keep Read and wait for another cool stuff right here!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s